
MPLS UPTD SMPN 1 Kepung Tahun Pelajaran 2023/2024
Sebagaimana kita maklumi bersama bahwa peserta didik yang masuk pada lembaga pendidikan itu berasal dari sekolah yang berbeda, untuk menyamakan dan mempersatukan mereka diawali dengan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).
Selain itu juga dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah baru lebih dahulu dikenalkan pada lingkungan sekolah yang baru, mulai dari cara belajar, bahan pengajaran yang diperlukan juga hak dan kewajiban mereka sebagai peserta didik yang baru, segala macam kegiatan dan keperluan yang berhubungan dengan pendidikan yang dikenalkan dulu kepada mereka pada kegiatan tersebut.
Maka dengan demikian betapa pentingnya di hari-hari pertama tahun ajaran diadakan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah).
Tujuan Umum :
Memberi siswa kesan yang positif dan menyenangkan terhadap lingkungan pendidikan di tempat barunya. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan berbagai hal yang menggembirakan sambil tetap mempelajari sesuatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik dan sosialnya maupun dengan cara-cara belajar yang baru termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah barunya.
Tujuan Khusus :
- Membantu siswa baru menyatu dengan warga sekolah, beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggungjawab dengan kehidupan sekolah.
- Membantu siswa baru memahami kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala sehingga fungsi sekolah, guru, siswa dan masyarakat lingkungan dapat mendukung terwujudnya tujuan pendidikan secara komprehensif.
- Mendorong siswa baru untuk aktif menambah pemahamannya melalui pengamatan terhadap lingkungan yang baru.
- Membantu siswa baru mengembangkan keterampilan untuk melakukan analisis pengalaman dalam membuat kesimpulan-kesimpulan.
- Mengembangkan kreativitas dan memberdayakan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya.
DAFTAR PENYAJI DAN MATERI YANG DISAMPAIKAN
- Wali kelas 7 (Wiyata Mandala, Pengenalan & Potensi Diri, Karakter & Budi Pekerti)
- Nurul Ainina, S.Pd. (Pengenalan Kurikulum Merdeka)
- Moch. Muzamil (Visi, Misi, dan Program Sekolah)
- Agustina, S.Pd. Mat. (Cara Belajar efektif)
- Pembina ekstrakurikuler (Pengenalan kegiatan ekstrakurikuler)
- Firdaus Ash Shidiqi, S.Pd. (Keagamaan dan Ibadah Bersama)
- OSIS (Pengenalan Sarpras dan Fasilitas Sekolah)
- Polsek (Tata tertib, Etika Berlalu lintas, Keamanan Lingkungan)
- Koramil (Bahaya Rokok dan Narkoba)
No. |
Materi |
1 |
Pengenalan Kurikulum Merdeka |
2 |
Pengembangan Nilai Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia |
2.1 Ibadah sesuai keyakinan (sholat dhuhur berjamaah) |
|
3 |
Pengembangan Nilai Berkebhinekaan Global |
3.1 Upacara Bendera |
|
3.2 Menyanyikan Lagu Kebangsaan |
|
4 |
Pengembangan Nilai Gotong Royong |
4.1 Wawasan Wiyata Mandala |
|
4.2 Pengenalan lingkungan sekolah |
|
5 |
Pengembangan Nilai Mandiri |
5.1 LBB |
|
5.2 Pengenalan & Potensi Diri |
|
5.3 Karakter & Budi Pekerti |
|
6 |
Pengembangan Nilai Bernalar Kritis |
6.1 Sosialiasi materi dari pihak luar (Tata tertib, Etika Berlalu lintas, Keamanan Lingkungan, Bahaya Rokok dan Narkoba) |
|
7 |
Pengembangan Nilai Kreatif |
7.1 Display Ekstrakurikuler |
|
7.2 Cara Belajar efektif |
Metode Penyajian
Dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah peserta didik agar dapat berlangsung efektif dan konstruktif maka perlu penerapan metoda sebagai berikut :
- 3M : Murah, Meriah, Menyenangkan agar memberi kesan yang mendalam bagi peserta didik bahwa mereka telah diterima dan berada dalam lingkungan sekolah yang baru.
- Humanis : Tidak mengandung unsur perpeloncoan, tidak bersifat menyakiti peserta didik baik dengan menggunakan kata-kata maupun perbuatan yang dapat merendahkan martabat peserta didik.
- Kooperatif Learning dan Aktif Learning : Diskusi dan olah pikir yang dikemas dalam bentuk sederhana tentang masalah aktual sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.
- Ceramah secara efektif dan bersifat umum dan lebih mengutamakan pelaksanaan dalam bentuk simulasi.
JADWAL KEGIATAN MPLS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025 (SEMUA JALUR PENDAFTARAN)
No. Registrasi NISN Nama Siswa Sekolah Asal Jenis Kelamin 1 PDB000008 0127198860 SHYFA MAULIDA NUR FADHILAH MIS TASWIROTUL ULUM P 2 PDB000054 01125
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB TAHAP 1 (JALUR AFIRMASI DAN PRESTASI) TAHUN AJARAN 2024/2025
A. JALUR AVIRMASI No. Registrasi NISN Nama Siswa Sekolah Asal Jenis Kelamin 1 PDB000008 0127198860 SHYFA MAULIDA NUR FADHILAH MIS TASWIROTUL ULUM P
PENGUMUMAN KELULUSAN SMPN 1 KEPUNG TAHUN AJARAN 2023/2024
Untuk melihat pengumuman ikuti langkah-langkah di bawah ini! Klik link berikut: DISINI Ketikkan NISN Tekan Enter/Masuk
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Part 2
Fase : D Tema :
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Part 1
BANGUNLAH JIWA RAGANYA “SEMANGAT RAMADHAN DALAM TUBUH YANG SEHAT TERDAPAT JIWA YANG KUAT” TAHUN PELAJARAN 2022-2023 Profil pelajar Pancasila yang diteka